Capaian Pembelajaran

SIKAP DAN TATA NILAI

 

1.     Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

2.     Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;

3.     Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

4.     Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

5.     Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

6.     Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

7.     Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

8.     Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

9.     Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;

10.  Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

KETERAMPILAN UMUM

 

DITETAPKAN SNPT DITETAPKAN MELALUI RAPAT PRODI
1.   Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik dibidang laboratorium sains serta sesuai dengan standar kompetensi kerja.

2.   Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

3.   Mampu mengkaji kasus penerapan  ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang laboratorium sains dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni, menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

4.   Mampu menyusun hasil kajian tersebut diatas dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.

5.   Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya.

6.   Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerjasama dan hasil kerjasama di dalam maupun di luar lembaganya.

7.   Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.

8.   Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

9.   mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

1.     Mampu menyelesaikan pekerjaan merawat alat-alat fisika, kimia dan biologi, perbaikan kecil dan merawat alat-alat kelistrikan, komputer, perelatan listrik, menyediakan dan pengamanan bahan kimia/biologi,  pengolahan air dan limbah, memilih metode yang sesuai dari beragam pilihan yang sudah maupun belum baku dengan menganalisis data, serta mampu menunjukkan kinerja dengan mutu dan kuantitas yang terukur.

2.     Menguasai konsep teoritis dasar fisika, kimia, biologi dan matematika serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.

3.     Mampu bekerja secara tim dan bekerjasama dalam lingkungkan kerja dan menyusun laporan tertulis secara komprehensif serta memiliki rasa tanggung jawab terhadap pekerjaannya sendiri sebagai luaran dari pekerjaan tim secara keseluruhan.

 

 

PENGETAHUAN
1.   Mampu memahami konsep dasar dan asas-asas sains sebagai fondasi untuk kemajuan IPTEKS.

2.  Mampu menguasai  konsep penerapan pengelolaan laboratorium yang baik.

3.  Mampu menguasai pengetahuan model-model pelayanan di laboratorium

4.  Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan persoalan-persoalan di laboratorium sains.

5.  Mampu menerapkan prinsip manajemen (perencanaan, pengoperasian, pemeliharaan, evaluasi dan pengembangan) dan kepemimpinan dalam melaksanakan tugas mandiri dan/atau mengelola tugas kelompok di laboratorium sains.

6.  Mampu melaksanakan pekerjaan secara bertanggungjawab sesuai ketentuan perundang-undangan, norma, dan etik keselamatan dan kesehatan kerja (K3)

KETERAMPILAN KHUSUS
a.   Terampil dalam menerapkan metode-metode pengelolaan laboratorium sains.

b.   Terampil dan menguasai secara aktif pengoperasian peralatan laboratorium sains.

c.   Terampil mencari penyebab kerusakan alat-alat di laboratorium sains.

d.   Terampil dalam administrasi pengelolaan dan administrasi di laboratorium sains, laboratorium pengujian atau laboratorium pendidikan.

e.   Terampil menyiapkan bahan dan peralatan di laboratorium sains, laboratorium pengujian atau laboratorium pendidikan.

f.    Terampil memelihara, merawat dan memperbaiki peralatan dan bahan  laboratorium untuk pengujian dan praktikum.

g.   Terampil memantau, menggunakan data pantauan dan membuat keputusan guna peningkatan kualitas sistem kerja dan kinerja peralatan, bahan, serta sarana laboratorium baik untuk tujuan praktikum, penelitian dan pengujian.

h.   Mampu mengembangkan sestem kerja, pembuatan sistem, peralatan, bahan dan sarana laboratorium baru, serta produk tertentu dalam jumlah/skala yang terbatas untuk tujuan praktikum, penelitian dan pengujian.